Competing With Information Technology
Dosen : Ayuningtyas
- Strategic IT : lebih mengarah pada bisnis, perencanaan ke depan. Tetapi, sekarang sudah menjadi alasan utama.
- Apapun bisnisnya menggunakan IT
- Strategi SI : strategi yang bisa memberi informasi, meningkatkan kompetitif
Tujuan strategi yang bisa dikembangkan :
- Kompetitif strategi
- Kompetitif forces
- Berikut strategi pada forces strategic :
- cost = harganya
- diferensiasi
- inovasi = butuh otak-otak baru
- pertumbuhan
- kerjasama, dan strategi lainnya
- cost : persaingan, ada supleyer, harus bisa meningkatkan daya saing
- pembedanya : bisa membangun perbedaan produk kompetitor. Contoh : GIS (General Information System), segmen lebih dipertegas. Contoh : customer design bisa secara online.
- inovasi
- perkembangan : tentang perusahaan menghasilkan produk banyak. Semisal menghasilkan 100 unit, tahun depan sudah 1000 unit. Contoh : alfamart, indomaret
- kerjasama
Lower cost : menggunakan IT untuk mengurangi bisnis proses, menurunkan biaya customer/supleyer
Strategi Kompetitif yang lainnya :
- jangan sampai customer pindah ke kompetitor
- membangun customer berhubungan via internet
- menggunakan teknologi supaya bisa masuk ke pasar online
- menggunakan IT untuk produk
- mencegah atau menunda perusahaan lain memasuki pasar
- meningkatkan teknologi atau investasi yang dibutuhkan
- yang diharapkan perusahaan customer tetap setia
- keinginan customer/kebutuhan harus ada
- kepedulian customer terhadap produk
- memiliki wadah apa yang customer inginkan untuk perusahaannya
- servis yang baik
- perusahaan biasanya tertuju pada kualitas dan harga. Misal : kualitas bagus dan harga murah
- harus track
- trend yang ada dipasar (barang yang dipasar masih ada atau habis)
- produk, servis dan informasi dimanapun, kapanpun
- untuk perusahaan yang sudah dikenal, CRM harus fokus.
- mengirim dari proses awal-akhir. Setiap aktivitas yang diselenggarakan perusahaan harus ada nilai tambah. Kalau membuat laporan, tidak hanya data mentah saja.
- proses primary. Berhubungan langsung/proses pengiriman produk
- support = hanya mendukung
- reengineering : Memikirkan ulang proses yang telah berjalan. untuk mengambil/mencapai dibagian biaya , kualitas, servis. Hasil yang lebih tinggi. Resiko yang harus dihadapi/harus diperhatikan.
- proses yang menyilang
- CRM : intranet dan internet
- supleyer : internet dan extranet
- ERP (cross functional)
- customer mengakses e-commerce untuk mengecek barang, status, dll. (menggunakan web)
- keterangan suppleyer harus disediakan
- kemampuan perusahaan untuk berkembang dengan cepat
- global market
- harus menyediakan produk (suara konsumen)
- bekerja sama dengan suplier, customer, competitor
- mengatur perubahan tidak diduga/secara tiba-tiba
- kemampuan dari masing-masing orang yang terkena imbas, harus mempertinggi kemampuan (hanya orang pilihan)
- customers : menyediakan komunitas-komunitas. Contoh : ebay
- partner : untuk suplicing manajemen. Contoh : yahoo
- operasional
Strategi : - share informasi, infrastruktur
- kompetensi orang harus dilinkkan
- dikurangi untuk perputaran biaya/uang
- fasilitas dan market ditingkatkan untuk pasar baru
- bukan jual barang, tetapi memberi solusi
Knowledge creation :
- secara konsisten menghasilkan pengetahuan bisnis baru
- menyebarkan perusahaan
- membangun ilmu-ilmu untuk produk dan pelayanan
Tacit knowledge : apa yang harus dikerjakan/dilakukan
Knowledge manajemen teknik :
- dokumen harus disimpan
- informasi (diolah)
- basis data harus kuat
Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi Bisnis
Terdiri atas : hardware, software, dan brainware
Hardware terdiri dari:
- input device : mouse
- output device : printer
- system unit : flashdisk
- communication device : modem
- Menurut fungsi :
- embedded IT system : melekat pada produk misal VCR memungkinkan bisa merekam tayangan TV atau lift yang bisa diset waktu operasinya
- dedicated IT system : dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh : ATM
- general purpose IT system : untuk melakukan tugas/aktivitas umum. Contoh : PC (Personal Computer)
- mikrokontroler
- mikrokomputer
- workstation
- minicomputer
- miniframe
- supercomputer
Kriteria pemilihan perangkat lunak:
- Hardware compatibility :
- microcomputer
- memory
- disk
- printer
- other peripherals
- operating environment
- other software required
- capabilities
- stability, correctness, adherences to standards
- ease for all users
- adaptability
- use keys, mouse, and menus
- online help
- documentation
- tutorials
- training
- charging
- copy protection
- warranty
- maintenance
- new releases
- assisteance with problems
- reviews
- references
- market share
- multiplatform software : dapat digunakan pada berbagai lingkungan hardware dan sistem operasi
- mendukung aplikasi multiguna
- mendukung untuk multiuser dan networking
- icon-based & graphical menu/interface
No comments:
Post a Comment